Bola / Laga Luar Negeri

Gabung Chelsea, Mourinho Sisakan Kontroversi


209062_jose-mourinho_300_225VIVAbola – Bukan Jose Mourinho namanya jika tak membuat kontroversi. Namun yang unik, kali ini cerita ‘nyeleneh’ tersebut semakin mencuat setelah The Special One pergi dari klub lamanya, Real Madrid ke Chelsea.

Sebenarnya Mourinho tak mau memperkeruh suasana, namun setelah mendengar banyak celotehan buruk tentangnya, termasuk dari gelandang Barcelona, Andres Iniesta, yang mengatakan kalau pelatih asal Portugal tersebut telah merusak sepakbola Spanyol, Mourinho pun terpancing untuk membalas.

Soal tudingan Iniesta, Mourinho dengan santai menanggapi. Dia mengamini ucapan pemain terbaik Eropa itu, namun bekas pelatih Inter Milan tersebut juga menambahkan kalimat ‘pedas’ dalam pernyataan balasannya.

“Saya memang merusak La Liga dengan mematahkan dominasi Barca,” seru Mourinho.

“Mereka dominan. Dominasi itu seperti tanpa akhir. Tapi, Madrid memenangi final Copa del Rey, Madrid memenangi Piala Super Spanyol, Madrid menang di Barcelona, dan Madrid memenangi liga dengan mencatat sejarah 100 poin dan 121 gol,” terangnya.

Rupanya pernyataan menohok dari Mourinho itu didukung oleh presiden Madrid, Florentino Perez. Dia mengatakan kalau yang diungkapkan oleh Iniesta tak lebih dari sebuah rasa frustrasi Iniesta terhadap Mourinho.

“Saya mengerti, Iniesta hanya frustrasi dengan Mourinho. Hal itu karena mereka tidak pernah menang di lima pertemuan terakhir dengan Madrid. Bukan cara yang bagus untuk mengkritik lawan hanya karena Anda tidak bisa mengalahkan mereka,” sindir Perez.

Selama tiga musim di Madrid, Mourinho memang selalu menjadi halangan bagi Los Azulgranas. Di musim 2010/2011, Los Blancos merebut trofi Copa del Rey dengan mengalahkan Barca di final. Di musim 2011/12, Real juga sukses menumbangkan Barca dengan merebut titel La Liga dengan mencatat sejarah 100 poin dan 121 gol. Yang terakhir, di musim 2012/13, Madrid menang atas Barca di Piala Super Spanyol.

“Barcelona terbiasa menang di semua pertandingan melawan Madrid, tapi kemudian Mourinho datang ke klub ini dan mengubah semua. Jadi komentar Mourinho memang benar terbukti,” lanjut Perez.

Sambutan Chelsea Buat Mourinho

Berbanding terbalik dengan La Liga, di mana kepergian Mourinho dilepas dengan pandangan sinis sebagian pihak, di Premier League, utamanya Chelsea, kedatangan pria 50 tahun tersebut malah disambut dengan gegap gempita.

Mourinho resmi menangani Chelsea sejak 3 Juni 2013. Ini jadi kali kedua dia menangani The Blues. Sebelumnya, manajer asal Portugal ini pernah ‘berkuasa’ di Stamford Bridge pada 2004 hingga 2007.

Untuk merayakan kembalinya Mourinho ke Chelsea, pihak megastore Chelsea atau toko merchandise resmi di London punya cara tersendiri. Mereka menyediakan jersey terbaruChelsea untuk musim 2013-14 dengan nomor punggung 1 dan nama “Special” yang bisa diartikan sebagai “Special One”.

Jersey khusus tersebut dipajang bersama jersey pemain lainnya seperti Juan Mata, John Terry dan Frank Lampard. Megastore Chelsea menjual jersey tersebut dengan harga £62 atau sekitar Rp950 ribu.

Ketika melakukan konferensi pers pada Senin, 10 Juni 2013 lalu, Mourinho mendeskripsikan dirinya sebagai pria yang bahagia atau The Happy One. 

“Saya pria yang bahagia. Waktu terus berlalu, sepertinya masih beberapa hari yang lalu ketika saya pertama kali datang ke Chelsea,” ujarnya.

“Dan setelah itu banyak hal yang terjadi di kehidupan saya. Tapi, saya masih pria yang sama. Saya masih memiliki perasaan yang sama untuk sepakbola dan pekerjaan saya. Tapi tentu saja kini saya sudah berbeda,” tutur Mourinho.

Rencana Awal Mourinho

Baru tiba di Chelsea, Mourinho sudah menyatakan jika dirinya tidak akan memberikan perlakukan istimewa kepada pemain senior. Ya, prinsip itu yang diterapkan juga ketika menangani Madrid. Dalam enam bulan terakhir, sebelum hengkang, Mourinho diketahui mencadangkan kiper andalan sekaligus kapten tim Iker Casillas.

“Sangat penting untuk mengatakan kepada Anda, mereka tidak mempunyai hak istimewa. Tidak ada keuntungan yang mereka dapatkan lebih dari orang lain,” ujar Mourinho.

Semasa ditangani Rafael Benitez, kapten tim John Terry tersisihkan. Walaupun dikenal dekat dengan bek yang biasa disapa JT itu, Mourinho juga tak menjamin yang bersangkutan bisa begitu saja kembali ke skuad utama. Namun bekas pelatih FC Porto tersebut mengaku tetap akan memberikan kesempatan kepada Terry.

“Saya menolak berkomentar soal Terry. Yang jelas saya berharap ini bukan musim terakhir buatnya,” kata Mourinho yang masih tetap mempercayakan ban kapten Chelsea disandang oleh Terry.

Tugas awal Mourinho lainnya ialah mencari bomber tangguh guna mempertajam lini depan. Sempat tersiar kabar jika dia lebih memilih untuk mencari pemain baru. Hulk, Edinson Cavani, Stevan Jovetic dan Edin Dzeko disebut-sebut masuk dalam daftar incaran.

Namun baru-baru ini Mourinho mengeluarkan pernyataan mengejutkan, dia mengaku akan berusaha memaksimalkan kemampuan Fernano Torres, bomber yang dianggap melempem penampilannya sejak bergabung bersama Chelsea dari Liverpool.

“Fernando bahagia untuk bertahan dan kerja keras. Bagus bagi kami semua jika Fernando bertahan. Kami akan membantunya mengeluarkan kemampuan terbaiknya,” ucap Mourinho.

 

sumber: viva.bola.co.id

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s